Perkembangan Update Algoritma Google Dari Waktu Ke Waktu

Google, siapa yang tidak mengenal salah satu mesin pencari ini? Sebagai salah satu mesin pencari terbesar, tentu saja Google selalu melakukan pengembangan diri, terutama update mengenai Algoritma mereka. Dan di artikel ini nanti akan diuraikan mengenai perkembangan update algoritma Google dari waktu ke waktu. 

Jika Anda penasaran, silakan simak uraiannya berikut ini. 

Perkembangan Algoritma Google 

Apa sebenarnya algoritma Google? 

Algoritme Google adalah sistem kompleks yang digunakan untuk mengambil data dari indeks pencariannya dan langsung memberikan hasil terbaik untuk kueri. Search engine memakai kombinasi algoritma serta juga bermacam faktor peringkat untuk bisa mengirimkan halaman web yang diberi ranking berdasar pada relevansi di halaman hasil Search Engine (SERP).

Di tahun awal, Google hanya melakukan sedikit pengubahan pada algoritma yang mereka miliki. Sekarang, Google telah membuat ribuan perubahan di setiap tahunnya.

Pembaruan algoritmik utama yang berdampak signifikan pada SERP seperti:

  • Florida
  • Big Daddy
  • Jagger
  • Vince
  • Caffeine
  • Panda
  • Freshness Algorithm
  • Page Layout Algorithm
  • Venice Update
  • Penguin
  • EMD (Exact Match Domain)
  • Payday
  • Hummingbird
  • Pigeon
  • Mobilegeddon
  • Quality Updates
  • RankBrain
  • Fred

Sejarah Perkembangan Update Algoritma Google

Berikut ini daftar perkembangan update algoritma Google dari Juli 2021- Maret 2023 yang bisa kami uraikan:

March 2023 Core Update

Google mengumumkan pembaruan core algoritme, yang dimulai pada 15 Maret dan selesai diluncurkan pada 28 Maret. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang core update, lihat Google Search Central Blog.

February 2023 Product Reviews Update

Google mengumumkan peluncuran February 2023 Product Reviews Update, yang dimulai pada 21 Februari dan selesai pada 18 Maret. 

Desember 2022 Link Spam Update

Google mengumumkan peluncuran Link Spam Update Desember 2022, yang dimulai pada 14 Desember dan selesai pada 12 Januari. Dengan pembaruan ini, Google memanfaatkan kekuatan “SpamBrain” untuk menetralkan dampak tautan tidak wajar pada hasil pencarian. 

Pembaruan Konten Bermanfaat Desember 2022

Google mengumumkan peluncuran Pembaruan Konten Bermanfaat Desember 2022, yang dimulai pada 5 Desember dan selesai pada 12 Januari. 

19 Oktober 2022 Pembaruan Spam 

Google mengumumkan pembaruan spam, yang mulai diluncurkan pada 19 Oktober dan selesai pada 21 Oktober. Pemilik situs yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang pembaruan spam dapat menemukan informasi lebih lanjut di Blog Pusat Pencarian Google.

20 September 2022 Product Review Algorithm Update

Google mengonfirmasi peluncuran Product Review Algorithm Update baru pada 20 September dan selesai pada 26 September. Meskipun mereka tidak menawarkan saran untuk pemilik situs untuk pembaruan khusus ini, mereka membagikan postingan tentang pembaruan ulasan produk pada tahun 2021 untuk informasi lebih lanjut.

12 September 2022 Core Algorithm Update

Google mengumumkan pembaruan algoritme inti, yang mulai diluncurkan pada 12 September dan selesai pada 26 September. 

25 Agustus 2022 Helpful Content Update

Google mengumumkan peluncuran Helpful Content Update, yang dimulai pada 25 Agustus. Pembuat konten dapat mempelajari lebih lanjut tentang cara membuat konten untuk orang terlebih dahulu di blog Pusat Penelusuran.

Pembaruan Ulasan Produk Juli 2022

Google mengumumkan rilis Pembaruan Ulasan Produk Juli 2022 pada 27 Juli, yang selesai pada 2 Agustus. E-commerce dapat merujuk ke dokumentasi Google Search Central tentang cara menulis ulasan produk berkualitas tinggi untuk informasi lebih lanjut.

Core Update Mei 2022

Google mengumumkan melalui Twitter rilis broad core update, bernama Core Update Mei 2022. Ini adalah bagian dari serangkaian pembaruan yang dilakukan Google untuk keseluruhan proses pemeringkatan sepanjang tahun. Pembaruan ini dimulai pada 22 Mei 2022, dan selesai pada 9 Juni 2022.

Product Algorithm Update Maret 2022

Google mengumumkan melalui Search Central Blog, Product Algorithm Update yang memungkinkan mereka mengidentifikasi ulasan berkualitas tinggi. Pembaruan harus memakan waktu beberapa minggu untuk selesai.

Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang pencarian untuk memberikan ulasan produk yang lebih baik kepada pengguna yang mencari Kata Kunci dan mendapatkan saran Google tentang cara menulis ulasan produk berkualitas tinggi.

22 Februari 2022 Page Experience Update

Google mengumumkan melalui Twitter bahwa Page Experience Update diluncurkan secara perlahan untuk pencarian desktop, diharapkan selesai pada Maret 2022. Google menawarkan informasi lebih lanjut kepada pengembang tentang pembaruan pengalaman halaman di Google Search Central.

1 Desember 2021 Product Review Update

Google mengumumkan melalui akun Twitter Google Search Central, bahwa Product Review Update Desember 2021 mulai diluncurkan untuk halaman berbahasa Inggris hari ini, dan diperkirakan membutuhkan waktu tiga minggu untuk menyelesaikannya. Mereka membagikan tautan ke entri blog tentang pembaruan ulasan produk dan situs web Anda untuk informasi lebih lanjut.

30 November 2021 Local Search Update

Google mengumumkan melalui Twitter Local Search Update November 2021 yang dimulai pada 30 November dan selesai pada 8 Desember. Google juga menyarankan agar bisnis meninjau panduan mereka tentang cara meningkatkan peringkat lokal.

17 November 2021 Broad Core Update

Pusat Pencarian Google mengumumkan melalui Twitter bahwa Broad Core Update akan dirilis hari itu juga. Mereka merujuk webmaster ke dokumentasi mereka tentang apa yang perlu diketahui pemilik situs tentang Core Update, yang terakhir diperbarui pada Agustus 2019.

3 November 2021 Pembaruan Spam Google

Pembaruan ini dilakukan dari 3 – 11 November 2021.

26 Juli 2021 Google Link Spam Algorithm Update 

Google mengumumkan pembaruan algoritme yang bertujuan untuk mengidentifikasi dan membatalkan tautan spam mulai diluncurkan. Google memperingatkan bahwa setiap situs yang mengambil bagian dalam taktik tautan spam dapat melihat perubahan peringkat – dengan konten bersponsor, tamu, dan afiliasi kemungkinan besar akan terpengaruh. Google mengatakan pembaruan harus diluncurkan sepenuhnya dalam “setidaknya” dua minggu dan akan berdampak pada banyak bahasa.

12 Juli 2021 Core Update Completed 

Google Search Liaison mengonfirmasi melalui Twitter bahwa peluncuran Core Update Juli 2021 telah selesai secara efektif pada 12 Juli. Tidak ada detail tambahan yang diberikan.

1 Juli 2021 Core Update 

Google Search Liaison mengumumkan melalui Twitter bahwa Core Update Juli 2021 diluncurkan dan akan memakan waktu satu hingga dua minggu untuk menyelesaikannya. Panduan Google untuk pembaruan inti dapat ditemukan di Google Search Central Blog.