Mengenal Teknologi dalam Pertanian

Sebagai salah satu negara agraris, tentu sektor pertanian Indonesia menjadi salah satu sektor unggulan untuk perekonomian negara ini. Di zaman modern, tentu tidak hanya teknologi informasi saja ya berkembang, namun teknologi untuk pertanian juga mengalami perkembangan ke arah modern. Jika Anda salah satu orang yang tertarik untuk mempelajari tentang berbagai macam hal yang berhubungan pertanian, mengenal teknologi dalam pertanian di zaman modern ini memang sangatlah penting. Terutama teknologi pertanian yang digunakan di Indonesia. 

Ada sejumlah teknologi pertanian yang tentunya memiliki dampak positif di sektor pertanian nasional ini. Sebab dengan teknologi tersebut petani dapat meningkatkan produktivitas mereka.  

Lalu apa saja teknologi dalam pertanian yang digunakan di Indonesia? Berikut uraiannya.

Mengenal Teknologi dan Pertanian yang Digunakan Di Indonesia

Saat ini sudah cukup banyak petani Indonesia yang memanfaatkan teknologi pertanian modern untuk membantu mereka dalam mengolah pertaniannya, mulai dari mengolah tanah, pembibitan, perawatan, hingga panen, teknologi modern pertanian ini memang sangat membantu untuk efektivitas pertanian. 

Ada berapa teknologi pertanian modern yang telah digunakan di Indonesia. Untuk mengenal teknologi dalam pertanian yang digunakan di dalam negeri, berikut ada daftarnya, di antaranya adalah:

1. Transplanter

Daftar untuk mengenal teknologi dalam pertanian yang digunakan di Indonesia yang pertama adalah transplanter. 

Teknologi yang satu ini adalah teknologi pertanian yang direkomendasikan oleh Kementerian Pertanian, digunakan untuk memberikan jarak yang proporsional antar tanaman padi yang ditanam.

Alat pertanian modern ini, menggunakan sistem Jajar legowo yang berasal dari Jawa Timur, yang mana sistem tersebut ada dalam proses penanaman padi.

Transplanter ini berfungsi untuk meningkatkan produksi padi. Bahkan, alat ini dipercaya dapat meningkatkan produksi padi hingga mencapai 30%. 

Jika jarak antar padi dibuat proporsional, maka hal ini akan memudahkan para petani untuk melakukan perawatan. Sehingga, produksi yang akan didapat nantinya bisa lebih baik dan banyak.  

Untuk harga, alat pertanian modern ini memang cukup mahal, yakni 1 unit mesin transplanter dihargai sekitar 75 juta. 

Namun tidak perlu khawatir, karena pemerintah Indonesia akan memberikan bantuan mesin transplanter ini untuk para petani. 

Ketika Anda mencoba menggunakan mesin pertanian modern ini, transplanter tidak akan tenggelam di dalam lumpur sawah, karena memang sudah dilengkapi dengan pengapung. Selain itu, bodi dari mesin ini dibuat saringan mungkin, sehingga dapat mempermudah Petani dalam menggunakannya.  

2. Indo combine harvester

Mengenal teknologi dalam pertanian memang cukup penting, terlebih jika Anda berkutat dalam bidang pertanian. Salah satu alat pertahanan modern yang digunakan di Indonesia adalah Indo combine harvester.  

Alat ini berfungsi untuk mempermudah petani dalam urusan panen padi, mulai dari pemotongan padi, pengangkutan padi, perontokan padi, pembersihan sortir, hingga pengantongan, bisa dilakukan oleh alat ini. 

Jika Anda menggunakan Indo combine harvester, tidak perlu lagi membutuhkan banyak pekerja atau orang untuk membantu memanen padinya. 

Karena jika menggunakan mesin ini, Anda hanya membutuhkan sekitar 3 atau 4 orang saja. Sehingga Anda bisa lebih hemat dalam pengeluaran untuk membayar pekerja. 

Mesin ini pun memiliki kapasitas kerja sekitar 4 sampai 6 jam per hektar.  

Perlu Anda ketahui, teknologi pertanian modern yang satu ini, akan semakin baik kinerjanya ketika anda menggunakannya di lahan yang basah. Alat ini memiliki Gaya tekan permukaan tanah sekitar 0.13kg/cm2, sehingga ini akan memperkecil kemungkinan mesin ini terperosok ke dalam tanah.  

Keunggulannya lagi mesin Indo combine harvester ini mampu menghasilkan gabah yang bersih dengan tingkat kebersihan mencapai 99,5%.

3. Mesin pemilah bibit unggul

Teknologi pertanian modern selanjutnya yang digunakan di Indonesia adalah mesin pemilah bibit unggul. 

Jika Anda menanam padi dengan padi yang berstatus bibit unggul, maka akan menghasilkan kualitas padi yang unggul pula. 

Mungkin Jika di zaman dahulu petani tidak bisa menentukan bibit padi mana yang unggul dan bisa menghasilkan padi yang baik, di zaman ini, dengan teknologi pertanian modern, petani bisa mengetahui bibit padi mana yang unggul. Tidak hanya padi namun juga bisa digunakan pada jenis tumbuhan apapun. 

Caranya adalah menggunakan mesin pemilah bibit unggul, yang mana mesin ini sudah digunakan oleh para pengusaha penyedia bibit tanaman. Dengan adanya mesin pemilah bibit unggul ini, para petani bisa memilah bibit mana yang akan ditanamnya agar bisa menghasilkan produk pertanian yang terbaik, sehingga mereka tidak perlu khawatir lagi hasil yang nanti tumbuh. 

4. Alat pengering kedelai

Selanjutnya, untuk mengenal teknologi dalam pertanian modern yang digunakan di Indonesia, ada alat pengering kedelai.  

Alat modern di bidang pertanian yang satu ini, akan sangat membantu petani kedelai untuk mencegah penurunan kualitas kedelai. 

Pengeringan yang terlambat maka alat ini pun akan membantu para petani untuk melakukan proses pengeringan kedelai yang lebih cepat. 

Biasanya pengeringan kedelai berlangsung selama 8 hari, namun jika menggunakan alat ini pengeringan bisa dipersingkat menjadi satu hari saja. 

Tidak hanya mampu mempercepat pengeringan kedelai, alat ini juga bisa meningkatkan daya tumbuh benih kedelai mencapai sekitar 90,3%.  

5. Instalasi pengolah limbah

Alat pertanian modern terakhir yang biasa digunakan di Indonesia adalah instalasi pengolah limbah. Anda tentu tahu, biasanya limbah ternak seringkali tidak dikelola dengan benar dan baik oleh para petani.  

Padahal limbah ternak yang ada bisa dimanfaatkan untuk sesuatu yang lebih baik yang tentunya berhubungan dengan bidang pertanian.  

Limbah ternak ini, bisa digunakan sebagai pupuk organik namun jika ada tidak sempat untuk mengolah limbah ternak secara mandiri untuk menjadi pupuk, maka anda bisa menggunakan instalasi pengolahan limbah. 

Dengan menggunakan alat instalasi pengolah limbah ini barang yang sebelumnya tidak bermanfaat, bisa Anda ubah menjadi pupuk organik dan juga biogas yang tentunya bermanfaat untuk bidang pertanian.

Sampai sini sudah kah Anda mengenal teknologi dalam pertanian yang biasa digunakan di Indonesia? Demikian ulasan kami di sini. Semoga bisa dipahami dan bermanfaat.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *