Beberapa Brand Elektronik yang pernah ada ditanah air, namun sekarang menghilang

Indonesia kerap dipandang sebagai salah satu negara yang memiliki pasar potensial untuk menjual berbagai macam barang elektronik. Banyaknya vendor-vendor elektronik yang masuk ke Indonesia, membuat persaingan dalam penjualan juga semakin ketat. Hal ini juga yang kemudian membuat banyak beberapa brand elektronik yang pernah ada di tanah air, namun sekarang menghilang akibat ketatnya persaingan. 

Dari berbagai macam alat elektronik, smartphone lah yang menjadi alat elektronik yang vendornya cukup banyak di Indonesia.

Pasar ponsel Indonesia memang sangat potensial, sehingga tidak heran jika banyak vendor-vendor smartphone yang memilih memasarkan produk terbarunya ke Indonesia.

Namun seperti yang dikatakan sebelumnya, ketatnya persaingan antar vendor HP yang masuk ke Indonesia, membuat beberapa brand HP hengkang dari Indonesia.  

Di sini nanti akan dibahas mengenai Beberapa brand elektronik yang pernah ada di tanah air, namun sekarang menghilang karena kalah saing, khususnya untuk pasar smartphone. 

Jika Anda penasaran mengenai merek smartphone apa saja yang dulunya ada di Indonesia kini sudah tidak bisa ditemukan lagi? 

Brand HP yang hengkang dari Indonesia

Beberapa brand elektronik yang pernah ada di tanah air, namun sekarang menghilang memang cukup banyak. 

Mungkin Anda juga tahu bahwa sekarang ini cukup banyak merek-merek elektronik yang jarang atau sudah tidak pernah lagi ditemui. Hal ini memang, karena brand-brand tersebut sudah angkat kaki dari pasar elektronik Indonesia. 

Jenis elektronik sangatlah banyak, ada mesin cuci, televisi, kulkas, dan salah satu barang elektronik yang sekarang menjadi kebutuhan sekunder adalah HP.

Sejak tahun 2000-an, elektronik telekomunikasi berupa HP banyak yang berdatangan ke Indonesia, karena negara ini dianggap sebagai negara yang memiliki pasar potensial untuk menjual produk-produk HP. 

Kemudian di tahun 2009 saat kemunculan smartphone, banyak vendor-vendor HP yang kemudian memilih Indonesia sebagai target pemasaran produk baru milik mereka.

Sehingga saat itu, banyak sekali merek-merek HP baru yang berdatangan meramaikan khasanah pasar elektronik di Indonesia. 

Sayangnya, banyak dari mereka yang tidak bisa bertahan lama. Karena persaingan yang sangat ketat, membuat Beberapa brand smartphone atau HP kemudian angkat kaki dari pasar Indonesia.

Brand mana saja yang memilih hengkang dari pasar Indonesia? Berikut daftarnya.

1. Lenovo

Dari Beberapa brand elektronik yang pernah ada di tanah air, namun sekarang menghilang adalah Lenovo. 

Lenovo ini menjadi merk smartphone pertama yang memilih untuk angkat kaki dari Indonesia.

Meskipun sebenarnya Lenovo tidak sepenuhnya hengkang dari pasar electronik Indonesia, namun untuk zaman sekarang Anda tidak akan lagi bisa menemukan merk Smartphone Lenovo. 

Namun di Indonesia, kini Lenovo dialihkan kepada pihak ketiga yakni InOne Technology.

Kerjasama antara Lenovo dan InOne Technologyi disebut oleh digital marcom Manager InOne, bahwa kerjasama mereka tidak hanya untuk distribusi saja, namun InOne juga memiliki kuasa untuk mendesain, membuat, serta menjual berbagai macam hp Lenovo. 

Hal ini berarti merk HP Lenovo memang sudah tidak ada lagi di Indonesia dan telah dipegang oleh InOne Technology. 

Lenovo sendiri sudah sejak tahun tahun 2018 angkat kaki dari Indonesia. Dan kemudian produk pertama hasil kerjasama Lenovo dengan InOne Technology adalah HP Lenovo K9 yang Jika diperhatikan pun, penjualannya tidak terlalu tinggi. 

2. Motorola

Merk HP Motorola tentunya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Dulunya merk HP ini cukup terkenal di tanah air. 

Motorola terkenal memiliki desain produk ponsel yang sangat futuristik. Namun sayangnya, sekitar tahun 2018 yang lalu, merk HP yang satu ini harus hengkang dari pasar elektronik smartphone Indonesia. 

Meskipun sebelumnya Motorola sempat diakuisisi oleh Lenovo, namun tidak membuat merk HP tersebut namanya kembali naik. 

Sehingga kemudian penjualan Motorola terpuruk dan memaksa mereka untuk menyerah menjual produknya di pasar Elektronik Indonesia. 

3. LG

Mungkin untuk alat elektronik yang lain, merk LG masih dapat ditemui. Namun untuk produksi smartphone ternyata LG sudah hengkang juga dari pasar Indonesia di tahun 2018. 

Di Indonesia, merk LG telah memulai kiprahnya sejak lama, terhitung dari tahun 1990 merk elektronik dari Korea ini, memasarkan produk-produknya melalui LG Elektronik Indonesia. 

Namun, ketika banyak vendor smartphone China bertentangan dan memasarkan produknya di Indonesia, LG pun menyerah karena kalah saing dengan produk-produk yang dijual oleh vendor smartphone China. 

Hal inilah yang membuat LG kemudian angkat kaki dari Indonesia. 

Namun ternyata tidak hanya di Indonesia saja, di negara asalnya pun Smartphone LG ini eksistensinya mulai meredup. 

Hal ini bisa dilihat dari pangsa pasar Smartphone global, LG  hanya mampu meraih angka sekitar 1,9% di tahun 2018 Silam. Raihan yang sangat kecil ini, membuat vendor Smartphone LG memutuskan untuk tidak lagi menjual produk smartphone-nya di Indonesia. 

4. Sony

Smartphone Sony menjadi salah satu brand elektronik yang pernah ada di tanah air, namun sekarang menghilang karena kurang diminati di Indonesia. 

Vendor ini pun sudah cukup lama meninggalkan pasar Indonesia, yakni terhitung sejak tahun 2016 yang lalu. 

Sony memilih untuk pergi dari pasar smartphone Indonesia dikarenakan smartphonenya kurang diminati oleh masyarakat Indonesia. 

Sebab mereka kerap kali membuat smartphone flagship yang hanya diperuntukkan untuk kalangan atas.

Ternyata tidak hanya di Indonesia, Sony juga mulai menyerah menjual smartphonenya di beberapa negara. 

Meski demikian, brand asal Jepang ini,  terus menggarap bisnis smartphone miliknya di negara yang memiliki potensi pangsa pasar besar seperti misalnya Jepang, Taiwan, Hongkong, dan beberapa negara di Eropa. 

Jika Anda mengikuti trend smartphone, Sony ini masih cukup rajin untuk meluncurkan ponsel terbarunya yang memiliki teknologi mumpuni. 

5. OnePlus

OnePlus menjadi salah satu merek smartphone yang hengkang selanjutnya dari Indonesia. 

Dari Beberapa brand elektronik yang pernah ada di tanah air, namun sekarang menghilang dari negara ini, OnePlus menjadi brand smartphone yang resmi hengkang juga sejak tahun 2016.

Hengkangnya OnePlus dari negara Indonesia, bukan karena mereka tidak kuat menghadapi ketatnya persaingan penjualan smartphone di sini. 

Melainkan, mereka hengkang dari Indonesia karena belum bisa memenuhi aturan dan regulasi yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia mengenai TKDN sebesar 30%.

Mereka menganggap bahwa TKDN yang ditetapkan oleh pemerintah, membuat mereka kesulitan untuk menjual produknya di tanah air. 

Sehingga masalah inilah yang membuat mereka akhirnya keluar dari pasar Elektronik Indonesia.

Itulah eberapa Brand Elektronik yang pernah ada ditanah air, namun sekarang menghilang pada sektor smartphone. Semoga bermanfaat!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *