Youtube vs Blog, Adsense Mana Lebih Besar Part 1

Perkembangan zaman yang serba digital saat ini, tentunya berkarier dapat dilakukan di mana saja bukan sahabat Bonanza88 ?

Lazimnya, orang-orang lebih cenderung memilih untuk berkarier di sebuah perusahaan sebagai seorang “budak korporat”. Dengan pendapatan yang bisa dibilang lumayan besar.

Padahal sebetulnya berkarier juga dapat dilakukan di bidang lain. Misalnya saja di dunia digital seperti melalui YouTube ataupun Website.

Kenapa harus YouTube atau blog ? Karena keduanya sama-sama memakai Adsense sebagai sarana untuk menampilkan iklan. Semakin besar Adsense yang masuk maka semakin besar pula penghasilan yang Anda terima.

Youtube dan blog sendiri merupakan sebuah produk media sosial yang dipakai untuk berkreasi. Dua-duanya sama saja sebagai platform media sosial untuk menggunggah konten.

Biasanya blog diisi dengan berbagai macam konten tulisan dan artikel. Bahkan, biasa dijadikan sebagai catatan perjalanan dengan banyak info menarik bagi pembacanya.

Sebaliknya, Youtube yakni mengunggah pelbagai konten video di kanal youtube yang dimiliki. Pada intinya menjadi blogger lebih kepada konten tulisan.

Namun, apabila mempunyai keahlian editor video menjadi Youtuber bakal lebih mudah. Apabila Anda memilih keduanya  bisa lebih bagus lantaran saling berkaitan.

Perlu Anda ingat, menjadi Youtuber dan blogger memiliki persamaan dalam memberikan informasi baik bersifat hiburan ataupun tutorial.

Persamaan dari keduanya yakni sama-sama bakalan ada proses monetize jika sudah layak dari Google. Jika proses monetize berhasil maka blog dan juga Youtube bakal menampilkan iklan.

Lantas pertanyaanya pilih adsense Youtube atau Blogg ?

Pada dasarnya Youtube dan blog sama-sama mempunyai adsense. Prosesnya pun juga sama sehingga tinggal Anda memilih mana yang sekiranya mudah dilakukan.

Apabila keduanya bisa dilakukan berkesinambungan maka hasilnya juga bakal maksimal.

Adsense Blog

Baiklah agar sahabat Bonanza88 semakin mengerti apa itu adsense dari sebuah blog mari simak penjelasan di bawah ini.

Pada dasarnya adsense blog merupakan sebuah layanan iklan milik google yang mana ditampilkan pada sebuah blog atau halaman website yang di-host secara online serta bisa melalui jaringan internet.

Artinya, Anda harus memakai media sebuah blog atau pun website yang dapat di akses secara online.

Apabila website atau blog yang Anda buat cuma dapat diakses secara offline atau memakai localhost maka adsense blog tersebut tak akan dapat berjalan di sana.

Sementara cara kerja adsense blog ialah melalui sebuah penayangan iklan yang mana relevan dengan konten ketika muncul di halaman tertentu pada sebuah blog.

Misalnya saja, apabila  blog Anda membahas tentang “Trending”, maka iklan adsense bakal menyesuaikan secara otomatis. Dengan begitu, iklan trading dan juga sejenisnya bisa tampil pada postingan tersebut.

Contohnya lagi, apabila blog milik Anda membahas tentang teknologi, maka iklan yang bakal ditampilkan oleh google adsense yakni iklan teknologi semisal smartphone serta teknologi lainya.

Adsense Youtube

Seperti sahabat Bonanza88 ketahui jika Adsense YouTube ialah salah satu sumber penghasilan paling mudah didapatkan oleh youtuber.

Untuk cara kerja menjadi seorang partner adsense Youtube yakni pengguna diwajibkan untuk dapat mengumpulkan sebanyak 1.000 subscriber dan juga memperoleh sebanyak 4000 jam tayang video dalam kurung 1 tahun.

Di mana, dari tiap video yang Anda unggah di Youtube, Google adsense bakal menyesuaikan sendiri perihal iklan yang bakal ditampilkan pada tiap video milik Anda.

Semakin banyak orang yang menonton video pada channel Youtube, maka semakin banyak pula peluang iklan adsense yang bakal diperoleh.

Terlebih, apabila penonton mengklik iklan atau bisa menonton video iklan tanpa adanya skip maka Anda bakal memperoleh penghasilan yang lebih besar lagi.

Meski begitu, Anda sebagai seorang publisher adsense Youtube sangat tidak diperbolehkan memakai cara curang untuk dapat memperbanyak klik iklan maupun menonton iklan yang ada di video youtube milik sendiri ya.

Format Iklan yang Ditayangkan

Mungkin pada tulisan diatas sudah dijelaskan sedikit tentang format iklan yang ditayangkan antara keduanya. Bonanza88 akan lebih dalam membahasnya pada artikel di bawah ini.

Format iklan yang tayang di YouTube sendiri pastinya berbentuk video. Akan tetapi, untuk jenis iklan video yang dimaksud dapat dikatakan sangat beragam. Misalnya display ads, overlay ads, nonskippable ads, dan lain sebagainya.

Lain lagi dengan format iklan yang tayang pada website/blog berbentuk gambar. Akan tetapi bukan cuma sekedar gambar biasa saja.

Melainkan iklan tersebut dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, misalnya iklan konten, iklan tautan atau juga iklan link, serta jenis iklan lainnya.

Jika menurut Bonanza88, untuk bisa mendaftarkan akun website ke pihak Google Adsense sendiri sangat sulit. Ini juga masih dalam fase pendaftaran, belum lagi mausk ke tahap proses persetujuan. 

Lazimnya, untuk Adsense website/blog membutuhkan waktu selamla berbulan-bulan cuma untuk memperoleh persetujuan penayangan iklan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *