Youtube vs Blog, Adsense Mana Lebih Besar Part 2

Perkembangan zaman yang serba digital saat ini, tentunya berkarier dapat dilakukan di mana saja bukan begitu sahabat Bonanza88 ?

Lazimnya, orang-orang lebih cenderung memilih untuk berkarier di sebuah perusahaan bonafid sebagai seorang “budak korporat”. Dengan pendapatan yang bisa dibilang lumayan besar.

Padahal sebetulnya berkarier juga dapat dilakukan di bidang lain. Misalnya saja di dunia digital seperti melalui YouTube ataupun Website.

Kenapa harus YouTube atau blog ? Karena keduanya sama-sama memakai Adsense sebagai sarana untuk menampilkan iklan. Semakin besar Adsense yang masuk maka semakin besar pula penghasilan yang Anda terima.

Youtube dan blog sendiri merupakan sebuah produk media sosial yang dipakai untuk berkreasi. Dua-duanya sama saja sebagai platform media sosial untuk menggunggah konten.

Biasanya blog diisi dengan berbagai macam konten tulisan dan artikel. Bahkan, biasa dijadikan sebagai catatan perjalanan dengan banyak info menarik bagi pembacanya.

Sebaliknya, Youtube yakni mengunggah pelbagai konten video di kanal youtube yang dimiliki. Pada intinya menjadi blogger lebih kepada konten tulisan.

Namun, apabila mempunyai keahlian editor video menjadi Youtuber bakal lebih mudah. Apabila Anda memilih keduanya  bisa lebih bagus lantaran saling berkaitan.

Perlu Anda ingat, menjadi Youtuber dan blogger memiliki persamaan dalam memberikan informasi baik bersifat hiburan ataupun tutorial.

Persamaan dari keduanya yakni sama-sama bakalan ada proses monetize jika sudah layak dari Google. Jika proses monetize berhasil maka blog dan juga Youtube bakal menampilkan iklan.

Lebih Besar Mana Penghasilan Blogger vs Youtuber

Pada titik ini pertanyaan yang paling sering ditanyakan yakni lebih besar mana penghasilan seorang blogger atau youtuber ?

Baiklah Bonanza88 bakal menjelaskan lebih detail tentang perbandingan keduanya. Mulai dari aspek cara kerja hingga kepada penghasilan yang diterima.

  • Penghasilan Blogger ?

Pada intinya, penghasilan blogger sendiri ditentukan oleh postingan yang Anda terbitkan melalui blog pribadi. 

Apabila postingan yang dibuat dapat mendatangkan banyak pengunjung dan juga banyak iklan yang di klik di dalamnya, maka penghasilanya akan akan besar.

Misalnya saja pada kemungkinan terburuk, katakanlah dari semua pengujung yang datang tak meng-kilik iklan.

Maka Anda juga bakal tetap memperoleh penghasilan dari hasil tayang biasanya dari 10.000 tayang iklan pada sebuah blog akan memperoleh penghasilan Rp 18 ribu.

Sementara dari 1 iklan yang di-klik oleh pengunjung lazimnya di hargai Rp 200 – Rp 87 ribu. Harga tersebut juga bergantung kepada asal negara pengujung serta niche blog.

Bagi yang belum paham, niche blog yakni pembahasan konten yang diisi di dalam sebuah blog. 

Lantas, berapa penghasilanya ?

Kita ambil contoh blog yang Bonanza88 kelola ialah blog niche teknologi.

  1. Tampilan Halaman = Rp 435.024
  2. Tayang Iklan = Rp 1.750.115
  3. Klik Iklan = Rp 27.020
  4. CPC (Harga 1 iklan yang di klik ) = Rp 503,97

Dari data di atas, maka Anda bisa memperoleh penghasilan sebesar Rp 13.617.176,95. 

Jadi, yang bisa mempengaruhi sebuah penghasilan google adsense besar kecilnya yakni = Tayang Iklan + Klik Iklan + CPC = Rp 13.617.176,95.

Sementara, yang dapat menentukan CPC sendiri yakni google adsense dan yang bisa menentukan Klik ialah pengujung blog serta yang memperoleh penghasilan yakni Anda.

  • Penghasilan Youtuber ?

Pada sebuah adsense Youtuber lebih banyak menghasilkan uang dari iklan adsense dari tiap video milik Anda yang ditonton.

Ini karena penghasilan youtube sendiri bergantung dari channel Youtube Anda yang mana di Indonesia, kasaran rata-ratanya senilai Rp 7.000 per 1.000 tayang iklan.

Misalnya saja, apabila dari 1.000.000 views Anda memperoleh sebanyak 500.000 penayangan iklan, maka dengan Rp 7.000 itu maka pendapatan Anda yakni Rp 3.500.000.

Jadi, yang bisa mempengaruhi penghasilan youtube ini ialah view video yang berisi iklan + jumlah penayangan = Rp 3.500.000.

Kemudian, dari pendapatan sebesar Rp 3.500.000, maka Youtube bakal menerapkan sistem bagi hasil berupa 45% untuk pihak Youtube (Rp 1.575.000) dan 55% diberikan kepada pemilik akun Youtube sehingga memperoleh = Rp 1.925.000.

Jadi, pendapatan bersih yang bakal Anda terima sebesar Rp 1.925.000 dari total 1.000.000 views video Anda yang ada di channel Youtube.

Dari penjelasan ini, maka bisa disimpulkan bahwasanya penghasilan blogger Adsense bisa jauh lebih besar dibandingkan Youtuber adsense.

Dengan kata lain, enaknya menjadi blogger itu meski tayang iklan sedikit akan tetapi mempunyai banyak klik sehingga memiliki penghasilan dari google adsense cukup besar.

Sementara, jika Youtube dapat menghasilkan banyak tayang iklan dari satu video saja sehingga dapat memperoleh banyak penayangan yang bakal terkonversi menjadikan sebuah penghasilan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *